Skimming &
Scanning: Teknik Membaca Secara Efektif
By
-
July 19, 2016
Hai, Learners! Kalian merasa masih kesulitan
mengerjakan soal reading Bahasa Inggris yang berbentuk artikel?
Mungkin teknik membaca berikut ini bisa kalian terapkan. Pernah dengar
metode skimming dan scanning?
Teknik skimming dan scanning merupakan
teknik memindai bacaan. Berfungsi untuk menemukan informasi dalam bacaan yang
panjang dalam waktu yang singkat, teknik ini sangat cocok diterapkan untuk
mengerjakan soal reading dalam waktu yang terbatas seperti saat ujian.
Selain itu, teknik ini juga bisa meningkatkan kemampuan membaca
kalian. Teknik ini tidak hanya bisa diterapkan pada saat membaca bacaan panjang
dalam Bahasa Inggris, tetapi juga bacaan-bacaan dalam bahasa lain. Meski
memiliki kemiripan dalam prosesnya, kedua teknik ini mempunyai perbedaan dalam
tujuannya.
Skimming
What is the main idea of the previous text? Kalian
sering menjumpai tipe soal seperti ini kan? Jika menjumpai soal seperti ini,
kalian bisa menggunakan teknik skimming.
Skimming merupakan teknik membaca dengan memindai
yang untuk menemukan gagasan utama atau garis besar dari keseluruhan
bacaan. Jadi saat membaca menggunakan teknik ini, kalian akan lebih
mudah mendapatkan gambaran mengenai apa isi dari bacaan yang sedang kalian
baca.
Karena yang kalian cari adalah gagasan utama, kalian bisa
mengabaikan detail dari bacaan yang sedang kalian baca jika kalian menggunakan
teknik ini kecuali jika memang dibutuhkan.
Cara membaca dengan menggunakan teknik ini adalah sebagai
berikut:
1. Baca judul bacaan terlebih dahulu karena, sering kali, judul
merupakan rangkuman tersingkat dari sebuah bacaan.
2. Baca keseluruhan paragraf pembuka. Tujuan dari paragraf pembuka
adalah untuk memperkenalkan pembaca kepada topik dari bacaan. Topik utama dari
bacaan biasanya terletak di bagian akhir dari paragraf pembuka. Akan tetapi
tidak ada salahnya membaca keseluruhan paragraf agar mendapat gambaran yang
lebih jelas.
3. Jika ada sub-headings, baca satu persatu dan cobalah
untuk menarik hubungan antar sub-headings
4. Kebanyakan paragraf mempunyai ide utama di awal paragraf. Untuk
itu kalian cukup membaca kalimat pertama atau kedua dari setiap paragraf
setelah paragraf pembuka. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa tidak semua
paragraf mempunyai gagasan pokok di awal paragraf. Karena itu, jika kalian
tidak menemukan ide utama suatu paragraf di awal, tidak ada salahnya mencari di
kalimat-kalimat terakhir ataupun di tengah.
5. Baca paragraf kesimpulan secara menyeluruh karena pada dasarnya
paragraf kesimpulan telah merangkum keseluruhan isi bacaan.
Scanning
Berbeda dengan skimming yang bertujuan untuk mencari gagasan
utama dari sebuah bacaan, teknik membaca scanning bertujuan
untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan panjang.
Jadi misalnya kalian menjemukan soal seperti “According to
the previous text, where did the writer live before he moved to Berlin?”
maka kalian hanya perlu mencari kata kunci yang telah ada dalam soal tersebut,
yang kurang lebih adalah lived in, move, before dan Berlin.
Cara membaca menggunakan teknik ini adalah:
1. Pikirkan kata kunci yang akan kalian cari seperti contoh di
atas. Begitu kalian menentukan kata kunci, akan lebih mudah bagi kalian untuk
mencari informasi tersebut.
2. Be flexible dan jangan terlalu terpaku paka kata
kunci. Maksudnya, jika kata kunci kalian berbentuk noun, jangan
serta merta mencari kata itu dalam bentuk noun, bisa saja kata itu
muncul dalam bentuk adjective atau bentuk yang lain.
3. Analisis bacaan terlebih dahulu. Jika bacaan tidak terlalu
panjang, akan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Namun, jika
bacaan terlalu panjang, ada baiknya melakukan skimming terlebih dahulu.
4. Bebeda dengan skimming yang hanya perlu membaca beberapa bagian
dari bacaan, untuk scanning kalian perlu memlihat setiap baris dari
bacaan. On the bright side, kalian tidak perlu mencerna kata-kata
dan kalimat yang kalian lihat sampai kalian menemukan kata kunci yang dicari.
5. Jika sudah menemukan kata kunci yang dicari, baca keseluruhan
kalimatnya.
No comments:
Post a Comment