Home

Mengenal Bentuk Jumbled Word, Jumbled Sentence, and Close Test (Teks Rumpang)


Di dalam Kisi-kisi/SKL Ujian Nasional SMK/SMA/MA dapat kita jumpai soal yang berupa cloze test, Jumbled words dan Jumbled sentences. Baiklah di bawah ini akan dibahas satu persatu jenis soal UN yang termasuk kategori sulit.


1.   Close test (Teks rumpang)
Siswa diminta untuk melengkapi paragraf dengan kata-kata yang tepat sehingga paragraf tersebut menjadi bermakna. Soal close test ini disajikan dalam Teks Recount, Narrative, Descriptive dan Procedure. Trik untuk menjawab soal semacam ini kita harus dapat mengenali dan membedakan jabatan dan jenis kata. Jabatan berarti kita mengenal Subject (Subjek), Predicate(Predikat/kata kerja), Object (Objek), dan Adverb (Kata keterangan).

Contoh Teks rumpang
One day a . . . (1) wanderer got lost in a wood. Suddenly he saw a light from an old hut and found an old woman who was crying. She .  . . (2) that the devil had stolen her magic stick. The magic stick could wish anything she asked.
Pilihan jawaban sebagai berikut:

1.  a. Foolish
b. handsome
c. Young
d. Cute

2.   a. said
b. asked
c. replied
d. insulted

2.  Jumbled words/Disorder words
Siswa diminta menyusun kata-kata acak menjadi suatu kalimat yang benar, tepat dan bermakna. Berikut ini adalah tips untuk mengerjakan soal jenis ini:
a.    Perhatikan struktur kalimat, apakah kalimat positif, kalimat negative kalimat tanya atau kalimat perintah
b.    Carilah subjek kalimat.
c.    Cari kata kerja (Verb) kalimat tersebut. Perhatikan tense(bentuk waktu) yang digunakan.
d.    Temukan objek berbentuk noun(kata benda). Perhatikan juga artikel/determiner yang digunakan untuk mengawali noun tersebut, misalnya ‘a’ atau ‘the’.
e.    Tentukan kata keterangan waktu apabila ada.
f.     Mulailah mengurutkan kata-kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna sesuai analisis kita.
Contoh:
1.   to – last night – went – Father – cinema – the
1          2            3         4           5         6
Jawaban:
Coba kita amati kalimat acak di atas. Langkah kita pertama kali adalah menentukan Subjek dari kalimat dapat kita temukan yaitu Father diikuti oleh went (predikat/kata kerja) selanjutnya to(preposisi) yang diikuti article the cinema, kemudian terakhir kata keterangan waktu ‘last night’.
Urutan yang tepat dengan angka: 4 – 3 – 1 – 6 -5 -2


3. Jumbled sentences
Siswa diminta menyusun kalimat acak menjadi kalimat yang padu, coheren dan  bermankna. Jumlah kalimat sekitar 5 – 8 kalimat. Berikut adalah tips untuk menyelesaikan soal tipe ini:
a.    Tentukan kalimat pendahuluan yang merupakan perkenalan/pembuka tentang topic yang dibahas.
b.    Perhatikan kata hubung yang menghubungkan dua peristiwa yang berurutan.
c.    Untuk teks recount dan narrative, perhatikan keterangan waktu karena kata ini mengindikasikan urutan/kejadian peristiwa.
d.    Untuk teks descriptive dan procedure perhatikan pengulangan kata di kalimat berikutnya untuk menunjukkan adanya kaitan dengan kalimat sebelumnya.
e.    Perhatikan pada bagian penutup. Dalam teks recount berupa pernyataan akhir penulis tentang peristiwa  yang dialami. Pada teks narrative berupa resolusi atau penyelesaian. Sedangkan pada teks prosedur, berupa hasil dari langkah-langkah yang dikerjakan.
Contoh :
Rearrange these sentences into a good paragraph!
1.   Next, please stand in line to wait your turn.
2.   There are many steps to cash your savings in a bank.
3.   Fill in the form you have got
4.   Finally, come to the teller to cash your savings account.
5.   First of all, get the form provided by the bank.
Untuk mengerjakan soal di atas, kita perhatikan kalimat pembuka. Paragraf di atas termasuk jenis teks procedure. Dapat kita ketahui aim/goal nya yaitu ‘there are many steps to cash your savings in a bank’. Setelah itu dilanjutkan ke steps-steps atau langkah-lankah selanjutnya. Langkah yang pertama dapat diketahui dengan jelas yaitu kata/frase ‘First of all’. Jawaban teks rumpang di atas adalah:
2 – 5 – 3 – 1 – 4
Practise makes perfect. Dengan drill atau latihan terus menerus pada tipe-tipe soal di atas kita akan dapat menjawab soal UN dengan baik.

No comments:

Post a Comment