Di
dalam Kisi-kisi/SKL Ujian Nasional SMK/SMA/MA dapat kita jumpai soal yang berupa cloze
test, Jumbled words dan Jumbled sentences. Baiklah di bawah
ini akan dibahas satu persatu jenis soal UN yang termasuk kategori sulit.
1. Close test
(Teks rumpang)
Siswa diminta
untuk melengkapi paragraf dengan kata-kata yang tepat sehingga paragraf
tersebut menjadi bermakna. Soal close test ini disajikan dalam Teks Recount,
Narrative, Descriptive dan Procedure. Trik untuk menjawab soal semacam ini kita
harus dapat mengenali dan membedakan jabatan dan jenis kata. Jabatan berarti
kita mengenal Subject (Subjek), Predicate(Predikat/kata kerja), Object (Objek),
dan Adverb (Kata keterangan).
Contoh
Teks rumpang
One day
a . . . (1) wanderer got lost in a wood. Suddenly he saw a light from an old
hut and found an old woman who was crying. She . . . (2) that the devil had stolen her magic
stick. The magic stick could wish anything she asked.
Pilihan
jawaban sebagai berikut:
1. a. Foolish
b. handsome
c. Young
d. Cute
2.
a. said
b. asked
c. replied
d. insulted
2. Jumbled words/Disorder words
Siswa
diminta menyusun kata-kata acak menjadi suatu kalimat yang benar, tepat dan
bermakna. Berikut ini adalah tips untuk mengerjakan soal jenis ini:
a.
Perhatikan struktur kalimat, apakah kalimat positif,
kalimat negative kalimat tanya atau kalimat perintah
b.
Carilah subjek kalimat.
c.
Cari kata kerja (Verb) kalimat tersebut. Perhatikan
tense(bentuk waktu) yang digunakan.
d.
Temukan objek berbentuk noun(kata benda). Perhatikan juga
artikel/determiner yang digunakan untuk mengawali noun tersebut, misalnya ‘a’
atau ‘the’.
e.
Tentukan kata keterangan waktu apabila ada.
f.
Mulailah mengurutkan kata-kata tersebut menjadi kalimat
yang bermakna sesuai analisis kita.
Contoh:
1. to – last night –
went – Father – cinema – the
1 2 3 4 5 6
Jawaban:
Coba kita amati kalimat acak di atas.
Langkah kita pertama kali adalah menentukan Subjek dari kalimat dapat kita
temukan yaitu Father diikuti oleh went (predikat/kata kerja)
selanjutnya to(preposisi) yang diikuti article the cinema, kemudian terakhir
kata keterangan waktu ‘last night’.
Urutan yang tepat dengan angka: 4 –
3 – 1 – 6 -5 -2
3.
Jumbled sentences
Siswa diminta menyusun kalimat acak
menjadi kalimat yang padu, coheren dan bermankna.
Jumlah kalimat sekitar 5 – 8 kalimat. Berikut adalah tips untuk menyelesaikan
soal tipe ini:
a. Tentukan kalimat
pendahuluan yang merupakan perkenalan/pembuka tentang topic yang dibahas.
b. Perhatikan kata
hubung yang menghubungkan dua peristiwa yang berurutan.
c. Untuk teks
recount dan narrative, perhatikan keterangan waktu karena kata ini
mengindikasikan urutan/kejadian peristiwa.
d. Untuk teks
descriptive dan procedure perhatikan pengulangan kata di kalimat berikutnya
untuk menunjukkan adanya kaitan dengan kalimat sebelumnya.
e. Perhatikan pada
bagian penutup. Dalam teks recount berupa pernyataan akhir penulis tentang
peristiwa yang dialami. Pada teks
narrative berupa resolusi atau penyelesaian. Sedangkan pada teks prosedur,
berupa hasil dari langkah-langkah yang dikerjakan.
Contoh
:
Rearrange
these sentences into a good paragraph!
1.
Next, please stand in line to wait your turn.
2.
There are many steps to cash your savings in a bank.
3.
Fill in the form you have got
4.
Finally, come to the teller to cash your savings account.
5.
First of all, get the form provided by the bank.
Untuk
mengerjakan soal di atas, kita perhatikan kalimat pembuka. Paragraf di atas
termasuk jenis teks procedure. Dapat kita ketahui aim/goal nya yaitu ‘there are
many steps to cash your savings in a bank’. Setelah itu dilanjutkan ke
steps-steps atau langkah-lankah selanjutnya. Langkah yang pertama dapat
diketahui dengan jelas yaitu kata/frase ‘First of all’. Jawaban teks rumpang di
atas adalah:
2
– 5 – 3 – 1 – 4
Practise
makes perfect. Dengan
drill atau latihan terus menerus pada tipe-tipe soal di atas kita akan dapat
menjawab soal UN dengan baik.
No comments:
Post a Comment